Arsitektur dan Organisasi Komputer
PENGERTIAN
1. Pengertian Arsitektur KomputerArsitektur
komputer mengacu pada desain dan struktur dasar dari sebuah sistem
komputer,
termasuk
struktur
hardware-nya,
interkoneksi
mereka,
dan
prinsip-prinsip
yang
memandu
organisasi
mereka.
Ini
mencakup
aspek-aspek
tingkat
tinggi
dari
desain komputer, seperti arsitektur set instruksi (ISA),
hierarki memori, dan organisasi unit
pemrosesan pusat (CPU). Arsitektur
komputer menetapkan dasar untuk membangun
sistem
komputer
yang
efisien,
handal,
dan
berkinerja
tinggi.
Arsitektur
komputer merujuk pada atribut-atribut sistem yang terlihat bagi pemrogram perangkat lunak dan memiliki dampak
langsung pada eksekusi logis dari sebuah program,
seperti jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan berbagai jenis data, set instruksi komputer, teknik untuk
addressing memori, metode yang digunakan untuk
input, output, dll. Pada dasarnya, ini mendefinisikan sistem secara abstrak dan berurusan
dengan konsep-konsep yang dihadapi
langsung oleh pemrogram.
Arsitektur
komputer memainkan peran penting dalam
menentukan kinerja keseluruhan,
efisiensi daya, dan skalabilitas dari sebuah sistem komputer. Pilihan desain dalam arsitektur memengaruhi
kemampuan sistem untuk menangani berbagai beban
kerja, mendukung teknologi masa depan, dan memberikan pengalaman pengguna
yang memuaskan.
2. Pengertian Organisasi Komputer
Organisasi komputer
merujuk pada cara berbagai komponen
dari sistem komputer saling
terhubung dan bekerja sama untuk melakukan tugas dan menjalankan program. Ini mencakup desain dan susunan komponen
hardware, termasuk unit pemrosesan pusat
(CPU), memori, perangkat input/output, dan unit kontrol, untuk memastikan operasi
komputer yang efisien dan efektif.
Organisasi komputer berurusan dengan komponen fisik dari sebuah
komputer. Jadi, ini merujuk pada unit operasional dan
hubungan antara mereka yang mencapai spesifikasi
arsitektural. Ini memberi tahu kita tentang berbagai blok fungsional dari sistem tersebut. Pada dasarnya, ini
adalah realisasi arsitektur dan berurusan dengan struktur fungsional
dan berbagai hubungan struktural.
Organisasi komputer memainkan peran penting dalam menentukan kinerja
dan efisiensi keseluruhan dari sistem
komputer. Merancang interaksi yang efisien antara komponen hardware penting untuk mencapai kecepatan pemrosesan
dan respons yang optimal.
3. Perbedaan Aritektur dan Organisasi Komputer
- Arsitektur
Komputer berkaitan dengan cara komponen hardware terhubung untuk membentuk sebuah sistem komputer. Organisasi komputer
berkaitan dengan struktur
dan perilaku sistem
komputer seperti yang dilihat oleh pengguna.
- Arsitektur
komputer ditentukan terlebih dahulu saat merancang sebuah sistem komputer. Organisasi komputer
ditentukan setelah arsitektur komputer.
- Arsitektur komputer Melibatkan komponen logis
seperti Set Instruksi, Mode Penyimpanan Alamat, dll. Organisasi komputer Melibatkan unit fisik
seperti desain sirkuit, penjumlahan, sinyal, periferal, dll.
- Aritektur
komputer menggambarkan bagaimana sebuah sistem komputer dirancang. Organisasi komputer
menggambarkan bagaimana sebuah
sistem komputer bekerja.
- Arsitektur komputer
berfungsi sebagai antarmuka antara hardware dan software. Organisasi komputer berurusan dengan komponen-komponen
komputer dan interkoneksi komponen- komponen tersebut.
4. Strukur dan FungsiStruktur adalah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur.
FUNCTIONAL UNITS OF A COMPUTER
Microcomputer Subsystems
1. Microprocessor Subsystem
Microprocessor adalah perangkat elektronik yang dapat
diprogram, serbaguna, didorong oleh jam, berbasis register, yang menerima
instruksi & data sebagai masukan, memproses data sesuai dengan instruksi
yang disediakan, dan memberikan hasil pada perangkat output.
Contoh : - series pentium
- intel core
2.Memory Subsystem
Unit memori adalah kumpulan sel penyimpanan bersama dengan
rangkaian terkait yang diperlukan untuk mentransfer informasi masuk dan keluar
dari penyimpanan. Dan Ini adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk
penyimpanan data dalam bentuk 0 & 1 dan dibuat dengan menggunakan teknologi
IC.
Contoh : Ram ICs (Random Acces Memory), Rom ICs(Read Only Memory),
Magnetic Storage Devices, Optical Disc, Flash Memory.
a. Macam-macam RAM
- SRAM (Static
Random Access Memory)
- DRAM (Dinamic
Random Access Memory)
- MRAM
(Magnetoresistive Random Access Memory)
- FRAM
(Ferroelectric Random Access Memory)
- PRAM
(Programmable Random Access Memory)
- SDRAM
(Synchronous Dynamic Random Access Memory).
b. Macam-macam ROM
- PROM (Programmable Read Only Memory)
- EPROM (Erasable
Programmable Read Only Memory)
- EEPROM
(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)
c. Macam-macam Magnetic Storage Devices
- Hard-Disk
- Floppy-Disks
- Magnetic Tape
d. Macam-macam Optical Disc
- CD-R
- CD-RW
- DVD
- Blue-ray
e. Macam-macam Flash Memory
- USB memory sticks (pen drives)
- Compact flash memory card
- Solid state hard drivers
- Secure digital (SD) memory cards
3. Input Output Subsystems
Bertindak sebagai saluran
komunikasi dengan dunia luar. Memungkinkan interaksi dengan pemrograman
dan perangkat I/O juga disebut sebagai periferal.
a. Macam-macam input device
- Keyboard
- Mouse
- Microphones
- Joystick
- Trackball
- Scanner
b. Macam-macam output device - Monitor
- Printer
- Plotter
- Speaker
- Projector
STRUKTUR KOMPUTER
Struktur internal computer terdiri empat bagian utama yaitu unit
pemrosesan terpusat (central processing unit - CPU), memory utama,
I/O dan system interkoneksi.
Comments
Post a Comment